image1 image2 image3

|WELCOME TO MY BLOG|ENJOY YOUR VISIT|

Tutorial Lengkap Cara Menginstal XAMPP


Untuk dapat menggunakan XAMPP, kita harus mendownloadnya di situs resmi XAMPP:https://www.apachefriends.org. Silahkan buka situs tersebut, kemudian klik pada tombol XAMPP for Windows v5.6.3 (PHP 5.6.3). Penamaan baru XAMPP ini mengikuti versi PHP yang ada di dalam paket tersebut.

Cara Menginstall XAMPP 5.6.3
Setelah file aplikasi XAMPP tersedia, kita akan mulai menginstall aplikasi ini. Silahkan double klik file XAMPP anda. Pada contoh ini, saya menggunakan versi XAMPP:  xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exe.
Jendela peringatan berikut ini adalah tentang UAC (User Account Control):


Peringatan ini berkaitan dengan proteksi pada Windows Vista  ke atas dimana jika XAMPP diinstall pada folder C:\Program Files (x86) mungkin akan terjadi pembatasan hak akses yang menyebabkan XAMPP tidak berjalan dengan normal. Karena alasan ini, saya akan memindahkan file instalasi XAMPP ke folder lain. Silahkan klik tombol OK untuk melanjutkan.

  1. Jendela awal instalasi akan muncul, Klik Next.







2.berikutnya adalah “Select Component”. Pada bagian ini kita bisa memilih      aplikasi apa saja yang akan diinstall. Dalam tahap ini saya akan membiarkan semua pilihan. Klik Next untuk melanjutkan.


3. Jendela selanjutnya adalah “Installation Folder”. Dalam bagian ini, kita bisa mengubah lokasi dimana file-file XAMPP akan disimpan. Anda bebas menentukan lokasi ini. Sebagai contoh, saya akan meletakkan file XAMPP di D:\xampp_5.6.3. Saya menambahkan angka versi XAMPP karena memiliki beberapa versi XAMPP terinstall di drive D. Penamaan ini hanya untuk mempermudah saya membedakan instalasi XAMPP. Lanjutkan dengan men-klik tombol Next.


4. Tampilan berikutnya adalah “Bitnami for XAMPP”. XAMPP menawarkan Bitnami sebagai cara cepat menginstall CMS seperti wordpress, joomla dan drupal. Tetapi kita akan menginstall wordpress secara manual, sehingga hapus pilihan “learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next.



5. Jendela berikutnya adalah konfirmasi untuk mulai menginstall XAMPP, klik Next, dan XAMPP akan memulai proses instalasi beberapa saat.




6. Jika jendela “Completing the XAMPP Setup Wizard” telah tampil, maka proses instalasi XAMPP telah selesai. Pada bagian ini kita akan langsung mencoba aplikasi XAMPP, sehingga biarkan pilihan check list “Do you want to start the Control Panel now?”, kemudian klik Finish.



Menguji Instalasi XAMPP
Jika anda membiarkan pilihan “Do you want to start the Control Panel now?” pada jendela terakhir proses instalasi XAMPP, maka akan tampil jendela XAMPP Control Panel.
Sesuai dengan namanya, Jendela XAMPP Control Panel ini adalah jendela yang digunakan untuk mengontrol apa saja modul XAMPP yang akan atau sedang dijalankan. Jika jendela ini tidak tampil, anda bisa mengaksesnya dari menu START->All Programs->XAMPP->XAMPP Control Panel.
Untuk menguji instalasi XAMPP, silahkan klik tombol START pada modul Apache dan MySQL. Jika tidak ada masalah, akan tampil warna hijau pada bagian modul ini, seperti tampilan dibawah:


Selanjutnya, buka web browser dan ketikkan alamat localhost pada address bar, kemudian tekan enter. Jika tampil jendela pembuka XAMPP, maka semuanya telah terinstall dengan baik.


Sekian tutorial kali ini, Semoga bermanfaat :)

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment