image1 image2 image3

|WELCOME TO MY BLOG|ENJOY YOUR VISIT|

Software Pendukung Dalam Pembuatan Aplikasi Smartphone Android



Pesatnya pertumbuhan android tak lepas dari kelebihan-kelebihan dan kemudahan dari platform yang ditawarkan android. Selain kemudahan dalam memperoleh aplikasi, android juga menyediakan tools pengembangan yang bersifat open source. Berikut merupakan aplikasi pendukung untuk anda yang ingin menjadi seorang Android Developer:

1. Java
Sebelum anda menginstal aplikasi pendukung lainnya, anda diwajibkan terlebih dahulu menginstal java pada perangkat PC/Komputer anda. Karena nantinya kita memerlukan Java untuk mengkompilasi aplikasi android yang akan kita buat. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di alamat website: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

 2.   Eclipse
Pengembang memiliki beberapa pilihan ketika memuat aplikasi yang berbasis android. Kebanyakan pengembang menggunakan Eclipse yang tersedia secara bebas untuk merancang dan mengambangkan aplikasi Android. Eclipse adalah IDE yang paling populer untuk pengembangan Android, karena memiliki android Plug-in yang tersedia untuk memfasilitasi pengembangan android. Selain itu Eclipse juga dapat dukungan langsung dari Google untuk menjadi IDE pengembangan aplikasi Android, ini terbukti dengan adanya penambahan plugins untuk eclipse untuk membuat project android di mana source software langsung dari situs resmi Google. Tetapi hal di atas tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan IDE yang lain seperti Netbeans untuk melakukan pengembangan Android. Anda bisa download langsung aplikasinya di alamat website http://www.eclipse.org/downloads/

3.   Android SDK (software Development Kit)
Android SDK adalah  tools API (Application Programming Interface) yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman java.  Saat ini disediakan Android SDK sebagai alat bantu dan API untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman java. Sebagai platform aplikasi-netral, Android memberikan anda kesempatan untuk membuat Aplikasi yang kita butuhkan yang bukan merupakan aplikasi bawaan Hanphone/smartphone.
Untuk Source SDK Android ini dapat anda lihat dan unduh langsung di situs resmi pengembang SDK Android di http://www.developer.android.com.

4. ADT (Android Developer Tools)
Android Developer Tools adalah plugin yang didesain untuk IDE Eclipse yang memberikan kita kemudahan dalam mengembangkan aplikasi android dengan menggunakan IDE Eclipse. Dengan menggunakan ADT untuk Eclipse akan memudahkan kita dalam membuat aplikasi project android, membuat GUI aplikasi, dan menambahkan komponen-komponen yang lainnya, begitu juga kkita dapat melakukan running aplikasi menggunakan Android SDK melalui Eclipse. Dengan ADT juga kita dapat melakukan pembuatan package android (.apk) yang digunakan untuk distribusi aplikasi android yang kita rancang.
Semakin tinggi platform android yang kita gunakan, dianjurkan menggunakan ADT yag lebih terbaru, karena biasanya munculnya platform baru diiukuti oleh munculnya versi ADT yang terbaru. Untuk download ADT ini dapat diunduh di http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html.


Sumber: Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Revisi Kedua)

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. ini semua udah bisa di unduh lewat bundle android SDK dari google kan?

    < VB > Training Auditor < VB >

    ReplyDelete